Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Penangkal Petir Aktif sudah ada , CCTV Rusak kesambar petir

Saya ada pertanyaan mengenai subject di petir yang sambarannya merusak perangkat CCTV padahal sudah di protek dengan baik.
Klien saya menggunakan penangkal petir aktif dan menggunakan kabel xlpe 70mm untuk penyalur petirnya dan masih terjadi induksi dan merusak peralatan spt CCTV.Mohon penjelasan ?

Jawab :

Kami coba untuk menjelaskan akan hal ini , Sebelumnya Kita bahas dahulu sistem kerja CCTV ( Closed-circuit television ) terlebih dahulu :

Unit dan komponen CCTV terdiri dari 3 perangkat utama


Kamera
Peralatan lensa yang berfungsi sebagai mata pengintai di unit CCTV
Perekam / CPU / DVR
Board sircuit bisa berupa pc atau Sircuit dengan software yang di tanam di sisten chipset nya.
Media Penyimpan
Bisa berupa Hard disk drive atau pula bisa dengan media online – sebagai bentuk pengawasan jarak jauh
Jaringan Internet
Media online / Jaringan internet
Pada Perangkat Perekam / CPU / DVR dan Media penyimpanan akan berada di dalam satu Casing ( wadah ) sedangkan unit Kamera akan tersebar di berbagai ruangan dan dihubungkan dengan kabel RG ke DVR.

Seluruh perangkat di suplai dengan perangkat power suplay untuk kamera biasanya berbentuk Adaptor kecil berbentuk colokan sedangkan di unit Perekam bagian power suplay sudah masuk di dalam casing .

Karena banyak perangkat yang saling terkain bila ada kerusakan yang diduga karena sebuah sambaran petir sebaiknya di periksa dengan cermat dan sedetail mungkindi unit perangkat kususnya bagian komponen perangkat yang rusak .
Sebab ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan kerusakan disaat bersamaan ( petir ). pertama rusak disebabkan petir dan kedua Rentannya jenis perangkat yang kita pakai
Kami beri contohnya , Misal :

1.PC berdiri independent conect internet dgn modem USB
Bila Kerusakan yang di akibatkan petir, PASTI di bagian Supply Powernya , kerusakan ini disebabkan oleh arus petir yg masuk pada listrik jaringan daya, memang masih bisa di mungkinkan lebih parah yakni kerusakan sampai di mainbord PC tetapi masih di bagian unit supply power yang mengalami kerusakan parah nya.
Bila ada kerusakan di bagian lain maka faktor lain yang harus kita cermati kualitas dari Produk yang kita pakai (merk , made In, Pabrikan).
Penanganan Standart :

Saat ada badai petir, lepas kebutuhan supply dari Power dengan memakai bateray / ups , sebab dengan melepaskan dari sistem jaringan daya listrik maka kemungkinan rusak karena Surge ( Tegangan Paku) akan terhindar. sebaiknya perletakan Unit UPS sedekat mungkin dengan perangkat .
Memasang Arrester Petir / listrik di jaringan Power
2. CCTV sistem

Bila kerusakan ada di bagian Adaptor atau adaptor+kamera maka bisa dipastikan kerusakan akibat petir yang melalui jaringan Power daya.
Bila Kerusakan di kamera cctvnya saja dimungkinkan arus petir masuk melalui kabel Coaxial RG-6 tentu hal ini Panel Control Camera juga bermasalah.
Bila Kerusakan dibagian Panel Control teknik deteksinya mirip dengan PC di atas.
Penanganan Standart :
Secara garis besar teknik penangannya hampir sama untuk petir yang masuk melalui Cabel RG-6 bisa menggunakan RG Protector / CCTV Protector
Dan apa bila kerusakan cctv disebabkan oleh arus petir atau induksi petir masuk kedalam kabel RG bisa diamankan dengan antipetir RG 58
ke-2 contoh ini berlaku untuk lokasi yang sudah diberi pengaman petir Eksternal.

Kami mencoba untuk membantu semampu kami , bila ada informasi lain kami akan coba tuangkan di dalam website ini ,

Salam

Lokasi Toko