Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Pencuri Gasak 1.800 Bungkus Rokok dari Kios Pedagang Pasar

YOGYAKARTA - Salah satu kios di Pasar Relokasi Prambanan di Pelemsari, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, jadi sasaran maling. Pelaku merusak gembok untuk membuka rolling door kios milik Sartana (46).

Aksi pencurian itu diketahui saat Budiharti (43), istri Sartana, hendak membuka pintu kios. Ibu tiga anak itu kaget karena tak melihat gembok yang menempel, dan pintu rolling sudah tidak terkunci. 

"Sore kemarin pukul 17.00 kios tutup, semua pintu sudah terkunci, ada gembok juga. Tadi pagi  saya kaget saat akan buka kios karena sudah tidak ada gembok, dan pintu kios sudah dibuka," kata Sartana kepada Okezone, Jumat (22/8/2014). 

Sartana bersama istrinya pun mengecek ke dalam kios yang ternyata sudah dalam keadaan acak-acakan. Sedikitnya ada 28 bal rokok beragam merek hilang. Satu bal isinya ada 10 dan 20 selop rokok, sedangkan satu selop ada yang isi 10 hingga 20 bungkus rokok. 


"Rinciannya ada 26 item rokok, jumlah total ada sekira 1.800 bungkus rokok. Kalau hitungan kerugian lebih dari Rp24 juta. Sepertinya cuma rokok, barang yang lain tidak diambil. Rokok yang harganya murah juga engak diambil," kata Sartana yang juga sebagai penaseiat paguyuban pedangan di Kios Pasar Prambanan.

Sartana mengaku, keamanan di pasar tersebut tidak optimal. Ada lima orang penjaga malam dari Dinas Pasar Pemkab Sleman, tetapi jika pagi menarik retribusi. Selain itu, tidak ada pagar yang menutup kompleks pasar relokasi. 

"Bayangin saja, jumlah pedagang di sini ada 1.310 orang. Untuk komplek sisi timur sini, termasuk kios saya ini jumlahnya ada 720 kios, sisanya di barat jalan. Kami sebenarnya sudah was-was karena terbuka, di tengah area persawahan," urainya.

Adanya kasus pencurian ini, kata Sartana, pihaknya melalui paguyuban akan menggerakan iuran para pedagang untuk membayar orang yang benar-benar bertugas sebagai keamanan, sebab kekawatiran kasus pencurian itu terulang.

Kepala SPK Polsek Prambanan, Aiptu Mujiman, membenarkan adanya pencurian tersebut. Olah Tempat Kejadian Perkara juga sudah dilakukan pagi tadi. "Olah TKP tadi kemungkinan pelaku merusak dengan linggis," katanya. (ris)

Lokasi Toko