Bajuyuli baju muslim anak perempuan

19 Kasus Kriminal Terjadi di Angkutan Umum

VIVAnews - Polda Metro Jaya mencatat ada 19 kasus kriminalitas yang terjadi di atas kendaraan umum selama Januari hingga Juli 2012. Dari data tersebut, hanya ada satu kasus percobaan perkosaan di dalam angkutan pada malam hari. Kejadian itu menimpa karyawati benisial IS, pada Senin, 23 Juli 2012 lalu.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto memaparkan, 19 kasus tersebut meliputi kasus perampokan, percobaan perkosaan, penodongan, pemerasan dan penjambretan. Kasus itu yang sering ditemukan di atas kendaraan umum.

"Di taxi ada tiga kejadian, bus tiga kejadian, angkot delapan kejadian, truk dua kejadian, dan kereta api tiga kejadian. Kalau untuk yang di angkot C01 itu murni perampokan yang diikuti pelecehan seksual," kata Rikwanto, Rabu, 25 Juli 2012.



Kisah IS menambah panjang deretan kasus pelecehan di atas angkot. Pada 1 September 2011 lalu, seorang karyawati berinisial SR, 27 tahun, mengalami nasib yang lebih tragis. Ia diperkosa secara bergiliran di atas angkot.

Pelaku menggunakan angkot yang beroperasi di luar trayek semestinya dan dikendarai sopir pengganti alias 'sopir tembak'. Sejumlah pelaku sudah dibekuk.

Nasib lebih tragis dialami mahasiswi Universitas Bina Nusantara, Livia Pavita Soelistio. Livia dibunuh sopir angkot tembak. Mahasiswi itu dihabisi setelah diperkosa bergiliran.

Kejadiannya bermula saat Livia naik angkot itu pada 16 Agustus 2012. Para lelaki bejat yang telah berada di atas angkot tiba-tiba meringkus dan membawanya berputar-putar. 

Livia kemudian dibawa ke sebuah istal kuda di daerah Kemanggisan, Jakarta Barat. Di tempat itu Ia diperkosa beramai-ramai dan dibunuh.

Dalam keadaan tak bernyawa, sekitar pukul 16.30 WIB, Livia dibuang di kawasan Cisauk, Tangerang, Banten. Setelah hampir satu pekan, jenazahnya ditemukan. Kondisinya sudah sudah dikenali.

Di Depok, Jawa Barat, perkosaan dan perampokan juga menimpa wanita tukan sayur bernisial RS, 35 tahun, pada Desember 2011. Pelakunya komplotan sopir angkot tembak. 

Saat akan belanja di Pasar Kemiri Muka, Beji, Depok, sekitar pukul 04.00 WIB, RS menumpang angkot yang tidak melintas di trayek sesungguhnya. RS diajak berputar-putar di arah Cibinong melalui Jalan Raya Bogor. Tidak hanya dirampok, RS juga diperkosa dalam angkot yang berputar-putar itu.

Lokasi Toko