Bajuyuli baju muslim anak perempuan

PLN Temukan Pencurian Listrik Melalui Penerangan Jalan Umum

SOLO - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke permukiman warga menyusul banyaknya keluhan pencurian listrik. Dari hasil penelusuran, pukul 10.00 WIB pihak PLN menemukan pencurian listrik melalui saluran lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jalan Kutai RT008/ RW VII Sumber.

PLN yang dibantu Dinas Pertamanan dan Kebersihan (DKP), Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo berhasil menemukan pencuri listrik tak jauh dari kediaman presiden terpilih Joko Widodo.

Ketua Kelompok Pemakaian dan Penertiban Tenaga Listrik (P2TL) PLN Manahan Susilo Aji menjelaskan, penyalahgunaan listrik dilakukan oleh seorang pelaksana proyek pembangunan pagar di wilayah Sumber. Mereka menggunakan aliran listrik PJU untuk menyalakan mesin pompa air sebesar 125 watt.

“Jelas sangat melanggar dan ilegal karena tidak melalui izin PLN. Apalagi PJU itu miliknya DKP, sementara listriknya milik PLN,” ungkap Susilo disela sidak listrik kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Kamis (21/8/2014). 

Sebagai barang bukti atas pencurian itu, PLN secara langsung mencopot dan menurunkan kabel yang terpasang di tiang PJU. Susilo mengatakan, pemasangan listrik tidak sesuai prosedur sangat membahayakan. Selain meningkatkan beban travo, pemakaian listrik secara ilegal tidak terdaftar dalam PLN.

“Karena asal memasang, bisa menyebabkan kebakaran. Jadi sangat berbahaya sekali,”paparnya.

Sedangkan Pelaksana proyek pembangunan pagar, Ngalimun dirinya mengaku baru sehari mengambil aliran listrik dari PJU DKP untuk menghidupkan mesin pompa air.

“Baru Rabu kemarin, jam 5 sore saya memasang listrik dengan mengambil aliran listrik PJU. Sebenarnya saya mau minta izin hari ini, tidak tahunya ada petugas (PLN) datang ke sini,” terangnya. 

Ngalimun beralasan dirinya kesulitan mendapatkan sumber air karena lokasinya (proyek) jauh dari sungai. Akhirnya dia memanfaatkan  aliran listrik PJU untuk memasang pompa air. 

"Ini inisitif saya sendiri. Kebetulan ada listrik PJU saya ambil untuk menyalakan mesin pompa air,” katanya. (rzk)

Lokasi Toko