Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Puluhan Rumah di Semarang Kedapatan Mencuri Listrik

indosiar.com, Semarang  - Salah satu hal yang disinyalir menjadi penyebab berkurangnya daya tegangan listrik di pulau Jawa adalah pencurian lewat meteran listrik di rumah-rumah. Untuk mengantisipasi hal itu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengerahkan para petugasnya untuk melakukan razia.

Sasarannya adalah rumah-rumah penduduk di tiga desa di Kabupaten Semarang yang sebelumnya dilaporkan banyak terjadi kasus pencurian listrik. Bahkan, kabarnya sebagian besar praktek kriminal tersebut dilakukan secara terang-terangan.

Meteran listrik puluhan rumah warga yang didatangi petugas didapati telah dibuka paksa pemilik rumah hingga segelnya rusak. Disinyalir, warga sengaja membongkar dan selanjutkan berusaha menaikkan sendiri daya tegangan listrik secara ilegal dari 450 watt menjadi 3500 watt.

Begitu mendapatkan bukti nyata, petugas langsung bertindak tegas dengan mencopot meteran listrik yang telah direkayasa ini. Herannya saat razia berlangsung, hampir semua rumah warga yang kedapatan melakukan pencurian tidak ada penghuninya.

Hal tersebut keruan saja membuat petugas mengalami kesulitan karena tak dapat meminta keterangan. Akibat praktek pencurian tersebut, PLN diperkirakan menderita kerugian mencapai hampir 2 miliar rupiah.(Agus Hermanto/Sup)

Lokasi Toko