Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Berani Modal, Komplotan Pencuri di Semarang ini Sewa Mobil saat Beraksi

Semarang - Unit Reskrim Polsek Mijen Semarang membekuk komplotan pencuri barang di dalam mobil. Dalam melancarkan aksinya, mereka bermodalkan mobil sewaan untuk mendekati kendaraan target.

Para tersangka yang dibekuk adalah Dedi Nofriyadi (33) warga Uwung Girang, Cibodas, kota Tangerang, Sulistyo Hadi Utomo (33) warga jalan Tampomas Dalam, Gajah Mungkur Semarang, dan Lilik Agus Setiawan (25) warga jalan Pahlawan, Bekasi Timur.

Komplotan ini sudah beraksi setidaknya empat kali dengan pola yang sama. Aksi terakhirnya dilakukan di Swalayan Giant, kawasan Bukit Semarang Baru hari Selasa (7/4) lalu, sekitar pukul 16.30. Modusnya yaitu dengan memarkirkan mobil sewaan di sebelah mobil korban.

"Sebelumnya kami cek satu persatu mobil di parkiran untuk lihat ada barang berharganya tidak. Setelah dapat sasaran, terus parkir di sebelahnya," kata tersangka Dedi di Mapolsek Mijen, Semarang, Kamis (23/4/2015).


"Kami memang selalu sewa mobil dulu sebelum 'kerja'," imbuhnya.

Setelah bersebelahan dengan mobil target, Dedi segera menjebol pintu mobil sasaran menggunakan kunci T yang dibawanya. Tidak butuh waktu lama barang-barang di dalam mobil termasuk laptop digasak kemudian mereka kabur.

"Barangnya dijual ke siapa aja yang mau," tandasnya.

Aksi mereka itu ternyata terekam CCTV dan menjadi petunjuk. Polisi yang menerima laporan tersebut langsung melakukan penyelidikan dengan memeriksa saksi serta rekaman CCTV. Beberapa hari kemudian komplotan itu ditangkap di persembunyiannya di daerah Banyumanik Semarang.

"Setelah kami melakukan penyelidikan termasuk melihat rekaman CCTV, para pelaku berhasil kami tangkap," kata Kapolsek Mijen, AKP Sapari.

Dari tangan tersangka diamankan barang bukti yaitu dua laptop hasil curian, kunci T, dan mobil Xenia sewaan bernopol H 9293 AZ. Mereka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian.

"Ancaman hukumannya 7 tahun penjara," tegas Sapari.

Lokasi Toko